Ini dia tips cara memulai bisnis !

Banyak orang memiliki keinginan untuk memiliki bisnis sendiri, tetapi terhalang oleh modal yang dibutuhkan. Solusi terbaik adalah memulai bisnis berbasis rumah. Anda dapat menggunakan ruang kosong di rumah Anda seperti halaman, garasi, dan dapur untuk mulai menjalankan bisnis. Dengan memanfaatkan rumah, Anda dapat menghemat biaya modal yang besar, sehingga modal yang ada dapat dialokasikan untuk kebutuhan lain. Berikut adalah beberapa cara yang harus Anda lakukan ketika Anda ingin memulai bisnis rumahan dengan sukses.

Minta Dukungan Keluarga

Keluarga adalah elemen terpenting sebelum memulai bisnis, terutama jika Anda baru memulai bisnis. Keluarga menjadi pendukung dalam hal materi dan non-materi. Jika keluarga tidak mendukungnya, bisnis yang Anda jalani akan semakin sulit untuk dikembangkan, bahkan bisa menjadi kegagalan karena tidak ada dukungan dari keluarga. Karena itu, dalam bisnis, dukungan keluarga sangat dibutuhkan, mulai dari awal merintis hingga sukses nanti.

Administrasi Pembelajaran

Meskipun bisnis yang dijalankan hanyalah kelas rumahan, Anda juga harus menguasai administrasi meskipun itu sederhana. Selalu lakukan catatan administrasi dengan tertib meskipun nilainya relatif kecil dan jangan pernah mencampur keuangan pribadi dengan bisnis. Karena salah satu fondasi utama untuk kelangsungan bisnis yang akan Anda jalani agar berhasil adalah masalah administrasi.

Jauhkan Pikiran dari Kegagalan

Setiap bisnis hanya memiliki 2 pilihan, yaitu sukses atau gagal. Pengusaha sejati tidak akan pernah merasa takut akan kegagalan, meskipun ia masih pemula. Jika Anda sudah merasa tidak yakin tentang bisnis yang sedang Anda jalani, Anda dapat yakin bahwa di masa depan bisnis akan gagal. Pengusaha mental biasanya akan menjadi kuat seiring berjalannya waktu dan kendala yang telah dihadapi, membutuhkan proses yang panjang untuk mencapai kesuksesan. Jadi, tanyakan pada diri sendiri, mana yang kuat antara berpikir sukses dan gagal sebelum memulai bisnis.

Tentukan Visi & Misi Bisnis

Menentukan visi dan misi penting untuk menentukan arah tujuan bisnis di masa depan, meskipun bisnis itu hanya kelas rumah, tetapi Anda juga harus menentukannya dengan jelas. Sehingga ketika bisnis berjalan, akan ada tujuan yang jelas yang akan dicapai di masa depan, tidak selama hanya berjalan tetapi harus memiliki target. Tanpa visi dan misi, apa tujuan dan bagaimana mencapai tujuan itu menjadi sulit untuk dicapai.

Hitung Kebutuhan Modal

Anda tidak akan dapat menjalankan bisnis jika modal yang Anda miliki tidak cukup. Hitung dengan cermat kebutuhan mana yang paling penting agar bisnis dapat berjalan. Hindari membeli barang yang menurut Anda tidak perlu. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan apa yang ada di sekitar rumah untuk mulai melakukan bisnis seperti halaman, garasi, dapur, peralatan memasak, dan sebagainya.

Pilih Field Matches Passion

Poin penting untuk memulai bisnis adalah sesuai dengan hasrat yang Anda miliki. Mengapa Anda harus sesuai dengan hasrat Anda? Karena jika didasarkan pada hasrat, maka apa yang Anda lakukan akan lebih energik dan terasa lebih ringan. Ketika sebuah bisnis dijalankan dengan antusias, bisnis tersebut akan dengan cepat mencapai kesuksesan. Hindari memilih bidang yang tidak sesuai dengan hasrat. Jadi jika Anda menyukai bidang fotografer, Anda dapat membuka layanan foto di rumah, atau jika Anda suka memasak, Anda dapat memulai bisnis kuliner.

Pilih Waktu untuk Memulai

Membangun bisnis tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Jangan terburu-buru, karena bisnis membutuhkan perhitungan yang cermat, hanya sedikit yang salah bisa menjadi kerugian. Jika Anda memilih waktu yang salah, bisnis Anda akan gagal. Hanya contoh saat mendekati Ramadhan, yang paling tepat adalah bisnis berjualan busana muslim dan kue lebaran.

Tentukan Keunikan Produk

Ketika Anda sudah memulai bisnis, sehingga produk yang Anda miliki dapat diterima oleh konsumen, dan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *