Aktivitas dan Tempat Rekomendasi liburan murah di dubai

Liburan di Dubai memang identik dengan banyaknya destinasi mewah dan mahal. Namun jika Anda ingin liburan nyaman di Dubai tanpa bikin kantong jebol, tetap bisa dilakukan kok. Berikut adalah beberapa aktraksi yang bisa dikunjungi tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Belanja di Bur Dubai Souk

Berkunjung ke tempat wisata tentu akan terasa hampa jika tak membeli buah tangan. Anda bisa berkunjung ke Bur Dubai yang merupakan kawasan perbelanjaan Al Seef modern sebelum mencoba naik perahu abra tradisional.

Untuk menuju ke Bur Dubai, Anda dapat melintasi Dubai Creek yang ramai. Dulunya, area ini merupakan pusat perdagangan industri mutiara dan berada di jantung Old Dubai. Anda bisa menjelajahi Souks dengan perahu abra untuk menyebrang dengan harga USD 0,27 atau 1 AED, sekitar Rp 3 ribu (kurs Rp 14 ribu).

Kemudian turun di Deira untuk menikmati rempah-rempah, tekstil, dan emas. Faktanya, emas di Dubai memiliki kualitas dan nilai yang luar biasa. Jika Anda tidak mencari sesuatu untuk dibeli, cukup datang ke tempat ini hanya untuk melihat-lihat saja.

Meskipun buka setiap hari, waktu yang terbaik mengunjungi Bur Dubai adalah sore hari ketika pasar lebih terasa hidup dengan banyak aktivitas.

Wisata Sejarah di Masjid Jumeirah

Coba jelajahi masa lalu dan mengetahui sejarah kebudayaan islam di Dubai. Dengan membayar tiket USD 5,45 ataur Rp 76 ribu (kurs Rp 14 ribu), Anda bisa tur Masjid Jumeirah selama 75 menit. Tur yang dipandu oleh Pusat Pemahaman Budaya Sheikh Mohammed ini akan mengajak Anda belajar tentang budaya Islam dan sejarah wilayah tersebut.

Sebagai informasi, Masjid Jumeirah buka enam hari per minggu untuk non-Muslim (kecuali hari jumat), dengan tur mulai pukul 10.00 pagi. Semua pengunjung diharuskan untuk berpakaian sederhana, seperti celana panjang atau rok dan baju lengan panjang serta jilbab untuk wanita.

Melihat Dubai dari Ketinggian di Burj Khalifa

Tak lengkap rasanya ke Dubai tanpa berkunjung ke megahnya gedung pencakar langit. Anda bisa berkunjung ke Burj Khalifa yang memiliki ketinggian lebih dari 828 meter atau 160 lantai. Tiket untuk menjelajahi ke bagian atas gedung dibanderol mulai dari USD 34 atau Rp 476 ribu (kurs Rp 14 ribu) per orang. Anda bisa melihat pemandangan spektakuler seluruh Kota Dubai dari Burj Khalifa.

Anda akan dibuat takjub saat berdiri di depan menara dan Anda bisa mencoba mengambil gambar full menara dalam satu frame. Namun harus agak sedikit berlutut dengan mengarahkan kamera ke atas.

Belajar Sejarah Dubai di Museum Etihad

Museum seluas 2,5 hektare di Jumeirah 1 ini merupakan tempat untuk belajar sejarah para pendiri Uni Emirat Arab (UEA). Museum ini menawarkan ribuan pameran, baik yang permanen maupun sementara dengan program pembelajaran interaktif dan video untuk pengunjung.

Terletak strategis di sebelah Union House, museum ini sangat bersejarah karena merupakan tempat penandatanganan perjanjian pendirian UEA pada 1971. Museum ini cocok untuk Anda yang gemar wisata sejarah. Museum Etihad buka setiap hari dan untuk tiket masuk umum dihargai mulai dari USD 6,80 atau Rp 95 ribu (kurs Rp 14 ribu).

Kulineran di 2nd of December Street

Tak kalah dengan makanan kelas dunianya, Dubai juga menawarkan pengalaman bersantap dengan harga yang terjangkau. Kunjungi 2nd of December Street untuk beberapa kuliner terjangkau. Area yang sebelumnya dikenal dengan nama Al Dhiyafa Street ini menawarkan banyak kuliner dari India, Iran, Lebanon, dan masih banyak lagi. Cicipi chicken shawarmas (ayam yang dibungkus dengan tahini) terbaik di Al Malla. Ayam ini disajikan dengan roti dengan acar asin, kentang goreng, dan pasta bawang putih yang lezat dengan harga AED 10.

Selain itu, Anda juga dapat menikmati restoran Ravi dan hidangan khas Pakistan yang lezat dengan harga kurang dari AED 30 atau USD 8,15. Ravi, tampilannya terlihat sederhana di luar tetapi menawarkan salah satu interpretasi terbaik dari tradisional Pakistan.

Anda bisa ambil kursi di luar saat malam hari dan biarkan para pelayan merekomendasikan hidangan dari menu mulai dari dhal fry, daging kambing Peshwari dan biryani tradisional yang banyak disukai. Jangan melewatkan makanan pendamping naan yang renyah di luar dan lembut di tengah.

Melihat Galeri Seni di Al Fahidi Historical Neighborhood

Temukan galeri tersembunyi di lingkungan bersejarah Dubai. Di antara menara-menara tradisional dan bangunan-bangunan yang dilestarikan di Al Fahidi, Anda akan menemukan galeri seni dan kafe-kafe yang terasa seperti dunia yang jauh dari kota ultra-modern.

Jelajahi lorong-lorong menuju halaman Galeri XVA yang damai untuk makan siang ringan yang dikelilingi oleh karya-karya seniman kontemporer lokal. Anda juga bisa berkunjung ke Rumah Teh Arab dan mencicipi lebih dari 100 teh atau mengagumi patung dan seni di Majlis Gallery. Al Fahidi juga merupakan rumah bagi Pusat Pemahaman Budaya Sheikh Mohammed. Biaya masuk ke Al Fahidi gratis!

Wisata Pantai di Kite Beach

Tak melulu dengan gedung pencakar langit, Dubai juga punya wisata pantai yang tak kalah keren. Salah satunya Pantai Kite atau pantai layang-layang. Dinamakan demikian karena ada banyak peselancar layang-layang atau kitesurfer.

Terletak di Teluk Arab, pantai ini dipenuhi kafe-kafe modern dan food truck termasuk Salt yang merupakan favorit warga Dubai. Pantai Kite juga merupakan pantai yang sempurna untuk berselancar layang-layang dan menjajal olahraga air. Anda bisa menyewa peralatan olahraga air hingga kursi berjemur di sini.

Rekreasi Air di Dubai Water Canal

Dibuka sejak 2016, Dubai Water Canal bisa menjadi pilihan untuk berjalan-jalan di sekitar tepi perairan dengan menyuguhkan salah satu pemandangan terbaik di kota. Tempat ini merupakan jawaban atas kebutuhan rekreasi air yang menawarkan kemewahan maksimal. Kanal sedalam 20 kaki (6 meter) ini menghubungkan Business Bay Dubai dengan Teluk Arab. Sambil berjalan-jalan, Anda akan disuguhkan penampilan cakrawala Kota Dubai yang terus berkembang, seperti Burj Khalifa yang ikonik.

Menikmati Air Mancur Terindah di The Dubai Mall

Dubai Mall menyandang predikat sebagai mal terbesar sedunia. Ada banyak tempat asyik di Dubai Mall, salah satunya adalah Souk Al Bahar. Lokasinya di bagian outdoor yang merupakan kawasan kuliner dan belanja suvenir. Souk Al Bahar pun mempunyai kolam yang luas dengan posisi di bawah Burj Khalifa.

Di kolam itulah terdapat Dubai Fountain alias pertunjukan air mancur. Air Mancur Dubai yang menari menarik ribuan pengunjung setiap hari dengan menampilkan koreografi air setiap 30 menit di sore hari. Anda juga bisa menikmati pemandangan tepi sungai di banyak restoran di sekitar The Dubai Mall dan Souk Al Bahar. Dari restoran ini, Anda bisa melihat pertunjukan air mancur yang dimulai dari jam 6 sore setiap malamnya dengan interval pertunjukkan selama 30 menit.

Safari Gurun di Dubai

Terakhir, cobalah safari gurun di Dubai. Anda bisa melihat keindahan padang pasir yang sangat indah. Wisata akan berakhir di Desa Badawi (Bedouin). Di desa ini, Anda bisa naik unta, mencoba pakaian tradisional, dan menonton bermacam hiburan seperti tari perut, pertunjukan elang, dan tarian api.

Jika waktu wisata Anda terbatas, pilihlah safari gurun sore. Anda bisa menyaksikan keindahan langit malam sambil bersantap kuliner khas Saudi Arabia. Cukup membayar mulai dari USD 34 atau Rp 476 ribu (kurs Rp 14 ribu), Anda akan merasakan kehidupan warga lokal yang sangat seru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *