Cara Mengganti Background Google Search di Chrome

Pernah bosan dengan tampilan “polos” pada halaman awal pencarian Google di Chrome? Buat yang belum tahu, berikut tips cara mengubah tampilan tersebut.

Fokus pada pencarian, halaman awal Google di Chrome pun memiliki tampilan yang sekadar memperlihatkan kotak pencari dengan dasar putih. Bukan tak mungkin ada yang bosan dengan tampilan tersebut.

Google sendiri sebenarnya menyediakan cara untuk melakukan modifikasi tampilan berupa penerapan “Themes” atau “Tema”. Hal ini bisa dilakukan pada browser desktop Chrome.

  • Buka Chrome lalu navigasikan ke pojok kiri atas untuk mengakses “Chrome” lalu “Preferences”. Di Windows, ini bisa dilakukan dengan mengakses titik tiga di bagian atas.
  • Klik “Settings” di sisi kiri lalu pilih “Appearance”. Di situ kamu akan menemukan bagian “Themes”. Jika belum ada yang terpasang, kamu akan melihat opsi “Open Chrome Web Store”. Klik kotak di samping tulisannya.
  • Kamu akan dibawa ke chrome web store untuk melakukan pemilihan “Themes” dengan lebih terperinci. Ada banyak opsi di sini, termasuk mode-mode gelap, termasuk warna-warni yang kinclong.
  • Setelah itu kamu tinggal memilih mana “Themes” yang kamu suka lalu meng-klik “Add to Chrome” untuk menerapkan perubahan tampilan — di gambar latar belakang maupun pada tab. Tidak sreg? Akan muncul opsi “Undo” di sisi kiri atas halaman yang sama untuk membatalkan perubahan tersebut.
  • Selain itu, kamu juga bisa mengakses sisi kiri bawah halaman untuk melakukan kustomisasi serupa pada gambar latar belakang. Pilih “Chrome backgrounds” lalu kamu akan dibawa ke halaman berisikan koleksi gambar-gambar yang bisa jadi pilihan. Namun, perubahan di sini cuma terjadi pada gambar latar belakang, tidak menyeluruh ke bagian tab sebagaimana halnya perubahan pada “Themes” pada proses di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *