5 Cara Menolak Cowok dengan Tegas

Tidak ada yang menyukai penolakan, terutama cowok. Kalau sudah kepincut, cowok bisa melakukan usaha yang bisa saja annoying buat cewek. Makanya, penting buat mengekspresikan perasaan kamu dengan tegas kalau memang tidak suka. Memberikan penolakan memang tidak mudah, terlebih lagi kalau kamu tidak tega untuk menyakiti perasaan cowok yang mendekatimu. Ya, mau bagaimana lagi, kalau kamu enggak bilang, cowok itu enggak akan tahu.

Nah, kalau dari kencan pertama saja kamu sudah mulai merasa tidak cocok, jelaskan penolakanmu melalui sikap yang tegas. Cowok yang sehat secara mental akan menerima penolakan sebagai hal yang biasa. Pasti sakit hati, sih, tapi dia tahu bahwa kamu bukan satu-satunya cewek yang bisa dia miliki, begitu pun sebaliknya. Hal yang terpenting adalah menunjukkan dengan tegas bahwa kamu menolak cowok itu.

1. Jangan Takut Menggunakan Kata ‘Tidak’

Bagaimana cara menolak cowok dengan cara yang tepat? Bilang tidak. Kuncinya hanya keberanian untuk mengatakan tidak. Kalau kalian pernah liburan bareng teman-teman, lalu si cowok basa-basi dengan pertanyaan, “Eh, sudah kangen Jepang? Liburan bareng lagi, yuk.” Kamu bisa langsung menolak pertanyaan itu dengan bilang “Enggak,” kok. Toh, liburan ke Jepang ‘kan, bukan hal sepele yang bisa dilakukan semudah beli nasi goreng langganan. Kalau sudah jelas tidak mungkin, ya, tolak saja.

2. Bersiaplah dengan Skenario Terburuk

Si cowok mungkin masih penasaran dan ingin mencoba mengajakmu jalan lagi. Selalu persiapkan diri atas skenario terburuk seperti ini kalau mau menolak cowok. Nah, kalau sudah siap dengan semua jawaban, beranikan dirimu untuk mengakhiri hubungan kalian dengan mengatakan bahwa kamu tidak ingin melanjutkan hubungan.

3. Tunjukkan Sikap Tegas yang Jujur Saat Menolak

Sebagian cewek mungkin tidak tega menolak cowok karena tidak ingin membuatnya sedih. Meskipun pada akhirnya semua cowok akan bangkit kembali, menolak cowok yang sebenarnya punya kepribadian baik mungkin sulit. Sayangnya, kalau memang sudah tidak cocok, ya, cewek juga harus tegas menolak cowok. Kamu bisa mengatakan hal sejujurnya agar bisa menegaskan hubungan kalian, misalnya dengan berkata, “Aku enggak bisa melanjutkan hubungan sama kamu, tapi aku terkesan kamu berani ajak aku ngedate duluan.”

4. Jangan Meminta Maaf

Kayaknya sudah template untuk bilang maaf saat menolak cowok. Nah, hal yang perlu diingat, apakah memang ada yang perlu dimaafkan? Menolak cowok tidak membuat cewek jadi orang jahat, kok. Selain itu, siapa sangka kalau bilang “Maaf” saat menolak bikin cowok merasa kalau si cewek merasa kasihan karena tidak bisa melanjutkan hubungan.

5. Hati-hati dengan Manipulasi

Jangan sampai terjebak dengan perasaan bersalah kalau si cowok mulai melakukan manipulasi. Mungkin kamu akan menemukan ajakan, “Aku jemput ke kantor ya, sekali ini aja.” Trik seperti ini membuka lebih banyak kesempatan buat cowok untuk meminta kesempatan lain dari cewek. Jangan sampai sisi lemahmu kalah dengan manipulasi seperti ini. Tolak baik-baik ajakan tersebut agar kamu tidak merasa tertekan untuk bisa langsung menolaknya dengan tegas.

Nah, cewek yang sudah menunjukkan sikap tegas bakalan bikin cowok segan buat deketin lagi. Ya, kalau ceweknya sudah jelas enggak mau, kenapa enggak langsung cari yang lain saja ‘kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *