Sommaroy Pulau Pertama Didunia Yang Akan Berlakukan Zona Bebas Waktu

Bayangkan suatu tempat di mana waktu tidak ada. Terkesan utopia, tapi pulau di Norwegia ini akan jadi yang pertama berlakukan zona bebas waktu.

Adalah Sommaroy Island atau yang dikenal sebagai pulau musim panas (Summer Island), sebuah tempat di Norwegia yang akan menerapkan konsep baru yang tak pernah ada sebelumnya.
pulau yang terletak di sisi barat Kota Tromso akan jadi yang pertama menerapkan konsep zona bebas waktu atau time-free zone.

Dilihat dari lokasinya yang sangat dekat dengan Kutub Utara, Pulau Sommaroy memang memiliki keunikan geografi yang membuatnya berbeda. Diketahui, matahari tak pernah terbenam di pulau ini dari 18 Mei hingga 26 Juli atau terang selama 69 hari.

Sedangkan dari bulan November hingga Januari, pulau tersebut malah mengalami kondisi terbalik di mana matahari sama sekali tak datang atau yang dikenal sebagai polar night.

“Ada masa di mana hari terang secara berkelanjutan dan kita mengikutinya. Di tengah malam sekitar pukul 02.00 pagi, Anda bisa mendapati anak bermain bola, orang mengecat dan merapikan rumput rumah dan remaja yang asyik berenang,” ujar penghuni pulau yang bernama Kjell Ove Hveding.

Atas keunikan tersebut, sejumlah masyarakat pulau berinisiatif datang ke Balaikota dan menandatangai petisi zona bebas tersebut.

Pada kesempatan itu mereka bertemu dengan anggota parlemen Norwegia dan memberikan tanda tangan warga untuk lebih lanjut mendiskusikan perihal izin legal dan praktik nyata ke depannya.

“Ada banyak warga, melakukan hal ini berarti mem-formalkan sesuatu yang telah kita prktikkan selama beberapa generasi,” ujar Kjell.

Dengan dibuatnya aturan terkait zona bebas waktu itu, warga pun berharap terbebas dari jam kerja tradisional dan berharap akan fleksibilitas terkait jam masuk sekolah dan waktu kerja.

Apabila resmi disahkan, nantinya warga akan membuat akses masuk ke Pulau Sommaray yang ditandai dengan jembatan berisi jam. Menandakan bahwa traveler akn masuk ke pulau di mana tak ada waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *